Jumat, 16 November 2012

Populer Lewat Video


Menjadi terkenal secara instan atau yang biasanya akrab dengan julukan 'artis dadakan', kerap muncul dalam beberapa tahun terakhir. Anda tidak perlu memiliki bakat super hebat atau fisik yang menawan untuk menjadi terkenal, label 'artis dadakan' atau 'mendadak ngartis' bisa diraih 'tanpa' usaha. Salah satunya adalah lewat media YouTube. Menjadi terkenal lewat YouTube menjadi sebuah fenomena baru, proses menapak popularitas baru di era digital dengan bantuan pemberitaan televisi dan akun media sosial. Siapa saja dapat mengunggah konten di situs YouTube, prosesnya pun relatif mudah.

Sebut saja beberapa video yang pernah booming melalui media populer yang beroperasi sejak 14 Februari 2005 ini. Ada aksilipsync dua mojang Bandung, Sinta–Jojo pada pertengahan 2010, lalu rekaman video Briptu Norman menyanyikan Chaiyya Chaiyya pada awal tahun 2011. Di luar negeri, video Call Me Maybe dari penyanyi asal Kanada, Carly Rae Jepsen, sempat menjadi talk of the world di pertengahan tahun 2012 dan Carly sendiri kemudian menelurkan single terbaru dengan Owl City. Terakhir, virus tarian Gangnam yang disebarkan oleh penyanyi asal Korea, PSY, menyihir seluruh dunia mulai dari anak kecil sampai orang tua, dari pejabat politik sampai selebriti Hollywood. Video Gangnam Style sendiri mendapat lebih dari 700 juta klik selama 3 bulan menjadikan video ini sebagai video paling sering ditonton di YouTube. Wow!

Ketenaran yang diraih oleh pembuat dan pelaku video ini tidak lepas dari penyebaran link video pada akun media sosial. Lamanya orang membicarakannya menunjukkan bahwa video tersebut sangat populer. Terbukti bahwa situs YouTube—atau internet secara keseluruhan—tidak hanya sebagai ajang narsis semata, namun juga untuk berbagi dan berekspresi. Anda yang berkeinginan tampil dan mengekspresikan diri, jangan berdiam saja, siapkan berbagai items keren ini yang bisa membuat diri Anda totally confident and stand out!

Ulasan:
Youtube adalah salah satu sarana untuk menyalurkan bakat kita atau orang lain, baik itu bakat public speaking, menyanyi, menari, sampai hal-hal yang paling aneh. Banyak artis-artis berbakat yang terkenal karena Youtube, contohnya Justin Bieber, GAC (Gamaliel, Audrey, Cantika), dan masih banyak lagi. Adapula yang terkenal lewat Youtube karena keanehannya, seperti Sinta jojo dan briptu Norman. Bahkan akhir-akhir ini muncul video tari dan lagu Gangnam Style. Kenapa Gangnam style bisa terkenal padahal tariannya cuma begitu saja? Kenapa para pemuda Indonesia tidak membuat kreasi sendiri yang mencirikan negara kita? Hal ini membuktikan bahwa kita belum bisa menjadi diri kita sendiri, kita selalu ikut-ikutan budaya lain padahal para generasi muda dapat menyalurkan aspirasinya kepada dunia melalu situs Youtube. Mari kita lestarikan budaya kita sendiri!

Sumber:
http://lipsus.kompas.com/blibli/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar