Sabtu, 10 November 2012

Manusia dan Keindahan

Keindahan adalah suatu ciri benda, baik benda mati ataupun hidup, yang memberikan persepsi senang dan bahagia. Keindahan dapat berupa hal yang nyata ataupun abstrak. Contoh hal yang nyata adalah benda umum yang ada disekitar kita, seperti tanaman, manusia, bangunan, dll. Hal abstrak adalah hal yang hanya dapat dirasakan namun tidak memilki wujud, seperti musik. Ada pula keindahan abstrak lainnya yang bersifat moral, hal itu terjadi ketika kita telah melakukan sesuatu yang membuat hati kita puas.

Hal lainnya adalah merenung. Dalam Kamus Besar merenung berasal dari kata "renung" yang artinya memandangi lama-lama. Kadang merenung dilakukan sambil memikirkan sesuatu hal yang tujuannya untuk menganalisa atau memikirkan hal lain. Dalam menilai keindahan estetika sesuatu, terkadang diperlukan merenung untuk meresapi nilai-nilai estetikanya. Ketika sesorang sedang marah, merenung dapat menenanglan hati orang tersebut dan dapat lebih baik memilih jalan terbaik.

Yang terakhir keserasian. Keserasian berarti cocok berasi dari kata "rasi". Keserasian ada kaitannya dengan keindahan dan merenung. jika seseorang ingin membuat suatu karya hal yang dilakukan dengan merenung dan memikirikan konsep seni yang ingin dibuat. Lalu mencocokan pendapatnya dengan pendapat orang lain agar mendapat keindahan dan keserasian yang sama secara umum. Dalam menentukan keserasian, hal ini tergantung pada karakter orang yang menilai keserasian tersebut. Menilai keindahan pun setiap orang memilki pendapat yang berbeda-beda.


Referensi:
pusatbahasa.go.id/kbbi
wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar