Jumat, 05 April 2013

ISD sebagai MKDU

Apa yang dimaksud ISD(Ilmu Sosial Dasar) sebagai salah satu MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum)? Saya sendiri pun tidak tahu mengapa. Tetapi menurutsaya, kita sendiri (sebagai mahasiswa) perlu mempelajari ISD untuk belajar bagaimana mengembangkan sosial dasar kita. Contoh yang paling sederhana dalam sosial dasar ialah berkomunikasi bukan? Dalam hal ini, kita belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik kepada orang. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, oleh sebab itu kita perlu menyesuaikan cara berkomunikasi setiap karakter manusia.

Misalnya saja si A, berbicara dengan dia harus dengan lemah lembut karena jika tidak dia akan menangis. Tipe inilah yang disebut sensitif. Adapun si B, dia termasuk orang yang biasa-biasa saja jadi dia akan tetap santai kalaupun lawan bicaranya lemah lembut atau tegas.

Dua contoh tersebut adalah contoh berkomunikasi secara langsung, lalu bagaimana dengan komunikasi via media online? Kita tidak tahu lawan nada lawan bicara kita. Terkadang ada orang yang menulis dengan maksud santai tapi ditanggapi dengan lawan bicaranya dengan amarah atau kata-kata tidak mengenakkan. Susah mengetahui tipe-tipe berkomunikasi orang melalui socmed.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar