Sabtu, 15 November 2014

Topik, Tema, dan Judul

Topik adalah pokok pembicaraan di diskusi, ceramah, karangan. Topik bisa disebut pula sebagai bahan diskusi. Terdapat beberapa syarat untuk membuat sebuah topik yang baik adalah salah satunya dengan mencakup keseluruhan isi tulisan. Selain itu, topik dibuat agar mampu menjawab pertanyaan akan masalah yang hendak ditulis oleh penulis. Cakupan yang diambil atas suatu masalah masih bersifat umum dan belum terlalu dijelaskan secara lebih mendetail. Syarat lainnya dari topik yaitu biasanya terdiri dari satu dua kata singkat. Selain itu, topik harus menarik dan bermanfaat.

Dalam pembuatan topik, terdapat pula cara-cara membatasi pembuatannya. Cara yang pertama adalah menetapkan topik yang akan digarap sebagai kedudukan sentral atau umum, karena topik memiliki sifat menjelaskan secara umum. Selanjutnya, mengajukan pertanyaan terhadap topik yang berada dalam kedudukan umum tersebut. Jika topik tersebut masih dapat dijelaskan lebih rinci, maka tempatkan rincian itu ke dalam lingkaran topik pertama. Cara yang ketiga adalah menetapkan rincian mana yang akan dipilih. Dan yang terakhir yaitu dengan mengajukan pertanyaan kembali apakah subtopic yang dipilih dapat dirinci lebih lanjut lagi.

Tema adalah pokok pikiran atau dasar cerita. Tema dapat pula berarti sesuatu yang telah diuraikan oleh penulis melalui karangannya. Menarik perhatian penulis adalah syarat tema yang baik. Tema yang menarik akan membuat penulis berusaha untuk terus mencari informasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Selain itu, cakupan ruang tema terbatas. Tema yang terlalu umum dan luas akan membuat penulis kesulitan dalam penulisannya sehingga tema perlu dibatasi. Bahan-bahan yang dapat diperoleh pun harus dipikirkan apakah tersedia disekitar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, judul merupakan sesuatu yang menyiratkan secara singkat isi atau maksud dari buku atau tulisan. Ada pula yang mengartikan judul sebagai lukisan singkat suatu artikel atau suatu bahasan. Judul sebaiknya dibuat singkat, menarik, dan provokatif. Judul yang provokatif akan menimbulkan keingintahuan pembaca terhadap isi buku atau karangan. Judul terbagi menjadi dua, yaitu judul langsung dan judul tidak langsung. Judul yang erat kaitannya dengan bagian utama berita sehingga hubungannya dengan bagian utama tampak jelas adalah judul langsung. Lalu, judul tidak langsung adalah judul yang hubungannya dengan bagian utama berita secara tidak langsung.

Di antara penjelasan-penjelasan diatas, dapat disimpulkan persamaan dan perbedaan dari topik, tema, dan judul.  Persamaan ketiganya adalah sama-sama sebagai pokok pembicaraan dalam diskusi, karangan, atau buku. Perbedaannya adalah topik masih mengandung hal yang umum, tema lebih terarah dan spesifik, sedangkan judul cakupannya lebih sempit dari topik dan tema.

Referensi :
http://yukfuk.wordpress.com/2010/04/22/topik-tema-judul/
http://kbbi.web.id

http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar