Selasa, 23 Desember 2014

Membuat Outline

Menurut bahasa, Outline adalah kerangka, regangan, atau garis besar. Jadi, Outline bisa dikatakan sebagai rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan digarap dan disusun secara sistematis. Manfaat outline salah satunya adalah untuk menyusun karangan secara teratur. Manfaat lainnya yaitu memudahkan penulis menciptakan klimaks yang berbeda-beda; serta menghindari penggarapan topik dua kali atau lebih.

Dalam penulisan kerangka karangan (outline), diperlukan beberapa syarat untuk menjadi outline yang baik. Tiap unit dalam suatu outline hanya mengandung satu gagasan. Jika terdapat lebih dari satu gagasan, maka unit tersebut harus dirinci. Outline harus menggunakan simbol yang konsisten. Pokok-pokok dalam kerangka karangan disusun secara logis, sehingga rangkaian ide tergambar dengan jelas.

Berikut adalah ;angkah-langkah membuat outline :
a.       Menentukan tema dan judul
Judul menjelaskan penjelasan awal dari isi karangan, sedangkan tema lebih luas cakupannya.
b.      Mengumpulkan bahan
Dalam penulisan kerangka karangan, diperlukan bahan-bahan yang menunjang untuk penulisan. Bahan yang menjadi bekal dalam menunjukkan eksistensi tulisan, setiap penulis memiliki cara masing-masing sesuai juga tujuan tulisannya.
c.       Menyeleksi bahan
Bahan-bahan dipilih sesuai dengan pembahasan agar tidak terlalu bias dan abstrak.

Referensi :
https://www.academia.edu/4217294/BAB_I_3
https://aditpato7.wordpress.com/2010/12/07/outline/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar