Minggu, 05 Juni 2016

HAKI Augmented Reality

Deskripsi
AUGMENTED REALITY UNTUK MODIFIKASI MOBIL

Bidang Teknik Invensi
Invensi ini merupakan suatu penerapan dari kajian ilmu (beberapa ilmu) dibidang teknologi informasi, yaitu Augmented Reality modifikasi mobil berbasis mobile Android.

Latar Belakang Invensi
Augmented reality adalah virtual raelity terbaru dengan mengkombinasikan antara objek nyata dengan gambar virtual.

Tools yang digunakan adalah Unity. Tools ini mampu menyajikan gambar virtual yang natural kepada para pengguna. Pengguna dapat merotasikan objek mobil dengan beberapa tombol, serta mengganti beberapa warna mobil. Augmented reality ini akan berjalan apabila pengguna memiliki aplikasi yang sudah ada. Telepon pintar yang memiliki kamera dan berbasis Android dengan OS minimal Ice Cream Sandwich, maka pengguna dapat melakukan modifikasi mobil dengan metode augmented reality.

Invensi ini berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas dan/menutupi kelemahan dari invensi/teknologi yang telah ada tersebut. Dalam invensi ini, permasalahan tersebut diatasi dengan cara menerapkan suatu metode  augmented reality, dimana metode tersebut berfungsi untuk memodifikasi mobil.

Ringkasan Invensi
Sebuah tujuan utama dari invensi ini adalah untuk menyediakan sistem augmented reality melalui ponsel untuk memodifikasi pengguna. Aplikasi ini berguna ketika ada pengguna yang ingin memodifikasi mobilnya, namun belum mempunyai gambaran apakah fitur yang nantinya akan dipasang akan cocok dengan mobil.


Uraian Lengkap Invensi
Dalam Penulisan Ilmiah ini, penulis mencoba merancang aplikasi Augmented Reality (AR) modifikasi mobil Audi R8 pada Android. Aplikasi ini akan menampilkan objek mobil Audi R8 secara 3 dimensi, beserta dengan fitur spesifikasi eksterior mobil, seperti warnanya. Marker yang digunakan untuk menampilkan objek 3D pun akan disajikan secara menarik dalam bentuk kartu marker.
Hal yang pertama kali dilakukan adalah membuat objek 3D yang dibutuhkan menggunakan Autodesk 3Ds Max, serta menyiapkan tools pendukung untuk Augmented Reality, seperti Unity 3D, dan pembuatan marker atau penanda. Setelah itu, penulis mengumpulkan data—baik berupa gambar, penjelasan, artikel, maupun jurnal dari internet—yang berkaitan dengan pembuatan aplikasi. Objek yang telah dibuat pada Autodesk 3DS Max, akan dirancang pergerakannya pada Unity. Aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman C#. Untuk mengintegrasikannya dengan marker, Unity perlu disambungkan dengan Vuforia, sehingga ketika marker disorot akan langsung muncul animasi yang diinginkan. Terdapat tombol-tombol pada menu Augmented Reality, sehingga aplikasi menjadi lebih interaktif.

Klaim
  1. An augmented reality system with mobile and interactive functions for multiple users comprising: an augmented reality computer system for processing the following means: a storage means for storing three-dimensional computer drawing data; computer image generation means for transforming the three-dimensional computer draWing data into a three-dimensional virtual image; data transmission means for receiving and outputting data.
  2. The system as claimed in claim 1, Wherein the user head position detection device comprises: a position reference object; and two cameras, each camera separately mounted on each head-mounted display and electrically connected to the augmented reality computer system; each camera capable of obtaining an image of the position reference object; Wherein the augmented reality computer system further comprises a vieWing point position analysis means for analyzing a position of each head-mounted display based upon a position reference object image to obtain a first viewing point position parameter and a second viewing point position parameter.
  3. The system as claimed in claim 1, Wherein the augmented reality computer system comprises a first augmented reality computer subsystem and a second augmented reality computer subsystem, Wherein each augmented reality computer subsystem is electrically connected to a related user system, and each augmented reality computer subsystem comprises all means in the augmented reality computer system.
  4. The system as claimed in claim 2, Wherein the augmented reality computer system comprises a first augmented reality computer subsystem and a second augmented reality computer subsystem, Wherein each augmented reality computer subsystem is electrically connected to a related user system, and each augmented reality computer subsystem comprises all means in the augmented reality computer system.
  5. The system as claimed in claim 4, Wherein before the head-mounted display of the ?rst user system displays the second three-dimensional virtual image, the second augmented reality computer subsystem sends the second viewing point position parameter to the ?rst augmented reality computer subsystem, and the ?rst augmented reality computer subsystem utilizes the second viewing point position parameter to calculate the second three-dimensional virtual image by the computer image generation means.
  6. The system as claimed in claim 1, Wherein each user system further comprises a portable computer electrically connected to the augmented reality computer system, Wherein the portable computer comprises a screen, and each user can be registered on the portable computer and sends the registration to another portable computer via the augmented reality computer system.

Abstrak
AUGMENTED REALITY UNTUK MODIFIKASI MOBIL


Augmented Reality (AR) adalah teknologi penggabungan antara dua dimensi dengan tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi. Teknologi ini dilakukan dengan memproyeksikan benda-benda maya tersebut ke dunia nyata, sehingga objek menjadi lebih riil. Isi dari AR menampilkan informasi-informasi yang tidak dapat dterima oleh indera pengguna, sehingga AR dapat dikatakan sebagai alat bantu untuk pengguna. Tujuan dari penulisan ini adalah membuat suatu aplikasi modifikasi warna mobil Audi R8 dengan menggunakan teknik Augmented Reality (AR). Dengan aplikasi ini, diharapkan pengguna mendapatkan gambaran mobil yang ingin dimodifikasi. Metode yang digunakaan adalah perencanaan, perancangan, implementasi, dan uji coba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar