Sabtu, 20 Oktober 2012

ISD sebagai salah satu MKDU*

Apakah itu ISD? ISD merupakan singkatan dari ilmu sosial dasar yang berarti ilmu yang mempelajari interaksi sosial antarsesama. Secara umum ISD mempelajari hubungan manusia secara subjektif, intersubjektif, dan objektif atau struktural.

Tujuan dari mempelajari ISD salah satunya adalah untuk memahami hubungan manusia secara mendalam. Tujuan lainnya untuk membentuk karakter, moral, dan perilaku yang sesuai dengan adat dan hukum yang berlaku di lingkungan.

Lantas, samakah ISD dengan IPS? Cakupan IPS lebih luas dan tidak terlalu mendalam dibandingkan dengan ISD. Sedangkan ISD meliputi interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu yang diteliti secara mendalam. Persamaan yang dimiliki ISD dan IPS, yaitu metode-metode yang digunakan dan objek yang dipelajari. Ilmu-ilmu sosial dasar mencakup antropologi, ekonomi, geografi, sosiologi, dll.

Ruang lingkup ilmu sosial dasar terbagi dua bagian utama, yaitu studi manusia masyarakat dan studi lembaga.  Yang termasuk studi manusia masyarakat : psikologi, sosiologi, dan antropologi. Sedangkan untuk studi lembaga : ekonomi dan politik. Tiga golongan bahan pelajaran ISD : menggunakan pendekatan interdidiplin/multidisiplin, konsep-konsep dan pengertian mengenai ilmu sosial, dan masalah-masalah manusia yang digunakan sebagai objek pembelajaran.

*MKDU : mata kuliah dasar umum


Referensi :
1. id.wikipedia.org
2. kuliahsemester1.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar