Selasa, 05 November 2013

Berlalu-lintas

Kadang dalam berlalu-lintas, kita melupakan hal yang sangat penting. Apakah itu? Ya, KESELAMATAN. Begitu banyak orang menyepelekan keselamatan mereka. Padahal sudah begitu banyak berita mengenai kecelakaan lalu-lintas, yang sebagian besarnya merupakan kecerobohan para pengendara. Bahkan hampir 50% kecelakaan lalu-lintas terjadi setiap tahunnya. Beberapa tindakan polisi seperti razia pun sering dilakukan guna memberi peringatan bahwa kelengkapan dalam berkendara sangat diperlukan.

Menurut kalian, hal-hal apa saja yang sering disepelekan para pengendara? Berikut adalah hal-hal yang menurut saya sering dilupakan.

1. Helm dan Sabuk Pengaman
Helm adalah alat berbentuk seperti topi yang menutupi kepala seluruhnya dengan material yang keras agar tetap terlindungi. Orang sering beranggapan "Ah ngapain pakai helm? deket jaraknya kok" atau "Ntar aja pakai helmnya, kalau ada polisi atau razia". Padahal kita tidak tahu kapan bahaya akan datang. Begitu juga dengan sabuk pengaman, orang beranggapan "Ngapain pakai sabuk pengaman? Kan kita di dalam mobil. Gak akan jatuh atau terluka".

2. Aturan Lalu Lintas
Dengan tidak mentaati lalu lintas saja, Anda bisa membahayakan diri Anda bahkan orang lain. Misalnya saja lampu lalu lintas baru saja berwarna merah, lalu ada seorang pengendara yang menganggap "Ah baru mulai kok warna merahnya! Pasti gak apa-apa kalau diterobos". Pasti hampir seluruh dari pengendara kendaraan PERNAH melakukan dan berpikiran seperti itu. Perbuatan seperti itu bisa saja mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan. Menghiraukan rambu lalu lintas juga merupakan pelanggaran dalam berlalu-lintas.

3. Kelengkapan Kendaraan
Apa saja kelengkapan kendaraan yang dibutuhkan? Spion dan lampu depan belakang. Tanpa spion, pengendara tidak dapat mengetahui ada apa dibelakangnya. Terkadang banyak pengendara motor yang menyepelekan hal ini. Kebanyakan hal ini terjadi antara motor dengan mobil, dan pengendara mobillah yang dimintai pertanggungjawaban. Padahal kita tahu kan siapa yang salah?

Lampu depan dan belakang pun memegang peranan penting dalam keselamatan. Ketika malam, lampu tidak hanya sebagai penerang bagi si pengendara itu sendiri tetapi juga menjadi "tanda" untuk pengendara lain. Jadi, sewaktu-waktu pengendara A ingin berbelok atau ke arah mana saja, pengendara lain menjadi hati-hati dan menjaga jarak aman juga.

Itulah hal-hal yang sering dilupakan. Bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar